Pages

Selasa, 05 Juni 2012

Norifumi Abe

Norifumi Abe, begitulah namanya. Dia adalah pembalap Jepang yang sangat mengagumkan. Abe telah memulai karir balap sejak usia 11tahun. Mulai dari minibike hingga motocross. Pada saat umur 15tahun, ia beralih pada road race dan ikut berkompetisi di Amerika.
Pada tahun 1992, Abe menjadi runner up pada kelas 250cc di ajang kejuaraan domestik National A Championship. Pada tahun yang sama All Japan Road Race Championship di adakan dan dia menjuarai kelas 500cc dan menjadi pembalap termuda yang memenangkan kejuaraan tersebut.

Tahun 1994, ketika balapan GP digelar di Jepang dia mempunyai kesempatan untuk ikut dengan bantuan wild card. Saat lomba ia berhasil bertahan di posisi terdepan sebelum ia terjatuh pada 3 lap tersisa. Performa Abe sangat mengesankan Kenny Robert dari tim Yamaha dan dia menawarkan Abe untuk membalap tahun depan. Performanya juga mengesankan bagi seorang bocah 14 tahun Valentino Rossi.

Podium pertama dan kemenangan pertama Abe pada tahun 1995 dan berada pada peringkat 5 klasemen akhir balap. 1997 tim yamaha mengubah formasi pembalapnya, Wayne Rainey dan Abe selama dua musim balap. 1999 ia bergabung dengan tim d'Antin Antena 3 dan memenangi balapan di Rio de Janeiro dan Suzuka. Abe menghabiskan 2 tahun bersama motor yang kurang kompetitif, tapi ia masih bisa menjaga rekor 100% dari 10 pembalap teras secara kontinu.

Namun pada tahun pertama regulasi MotoGP 2002, ia tidak dapat berbuat apa-apa dengan mesin 4-tak. Sebagaimana d'Antin berganti motor YZR-M1 pada tahun 2003. Abe meninggalkan tim dan bekerja sebagai test rider dalam tim pabrikan dan tidak jarang pula menjadi pembalap dengan bantuan wild card  untuk Yamaha.

Pada 2004 ia bergabung dengan Tech 3 Yamaha tapi tidak berhasil dan Ia melanjutkan karir di duna SuperBike dan bergabung dengan tim Yamaha untuk tahun 2005. Dengan sedikitnya dukungan dari pabrikan dibandingkan Noriyuki Haga dan Andrew Pitt, Abe mampu finish di urutan 10 besar. Pada tahun 2007 ia mengikuti kompetisi All Japan Superbike Championship dengan tim Yamaha lagi.

Tanggal 7 Oktober 2007, saat sedang mengendarai Yamaha T-Max di Kawasaki,Kanagawa Abe menjadi bagian dari kecelakaan lalu lintas akibat ada truk yang melakukan belokan ilegal didepannya. Setelah di bawa ke rumah sakit 2 jam kemudian ia di nyatakan tewas.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar